Era Kreatif Produktif

Era Kreatif Produktif
Catatan pendek Wawan Setiawan

Solo, 1 Desember 2014 06.30 WIB
——

Ilmuwan Jepang pernah menyebut abad 21 ini sebagai “Age of Creativity”, saya pribadi setuju, dan memang era kedepan adalah ekonomi yang akan sangat mengandalkan SDM. Russia yang menjadi negara paling kaya sumber daya alam-pun sebenarnya sudah sadar bahwa ekonomi mereka yang raw material kekayaan alam harus segera didiversifikasi, namun implementasinya terlambat, karena masih terlenakan dengan ekonomi oil dan gas, tak pelak ketika harga oil dan gas turun drastis, mereka tekor budget.

Di luar masalah politik tekornya budget negara OPEC dan sosialis raw material kekayaan alam yang menimpa hampir seluruh negara pengekspor minyak, termasuk negara negara Islam, baik Iran, Arab Saudi, Qatar, Dubai, dlsb…..saya mengenal dan menyukai DJ Tiesto Verwest sudah sekitar tahun 2003. Bahkan saya pernah membeli tiketnya konser di Yogya tahun 2004, namun konser tersebut dibubarkan oleh FPI. Sebenarnya DJ Tiesto Verwest dari Breda Belanda akan konser di tepi pantai selatan, sehingga mungkin dikhawatirkan akan membuat berisik seluruh setan dan jin yang berada di pantai selatan Jawa.

Setelah munculnya DJ Tiesto yang menjadi icon music Trance, maka muncul juga Armin van Buuren, lulusan fakultas Hukum Leiden Belanda, tapi saya sebagai pendengar dan penggemar, memahami perbedaan signifikan DJ Tiesto dan Armin, Tiesto unggul di teknik, seni musikalitas, dan kedalaman permainan effect, sedangkan DJ Armin lebih ngepop dan easy listening, sehingga lebih mudah menarik penggemar.

Keduanya, saya akui DJ hebat, majalah DJ Mag, juga selalu menobatkan kedua DJ ini di top 1-2 DJ. 2 DJ ini juga sangat kreatif dan produktif. Armin tanpir di Radio dengan judul ‘State of Trance’ setiap minggu dengan durasi 60 menit, DJ Tiesto juga sama, membuat acara ‘Tiesto’s Club Life’ setiap minggu dengan durasi 60 menit

Jadi setiap minggu mereka melakukan kompilasi dan remix lagu 60 menit, dan ini sangat menarik bagi saya, karena meski kompilasi ulang, tapi selalu membawa trend baru. Misal DJ Tiesto berkarya dengan judul ‘Lethal Industry’ itu sudah saya dengarkan sekitar tahun 2004, dan saya jadikan ring tone, namun di Podcast 398 akhir tahun 2014 ini diremix ulang dan sangat menarik sekali hasilnya

Ini sebuah kreativity dan produktivity, setiap minggu membuat kompilasi 60 menit dan ini sudah hampir 10 tahun mereka (Armin dan Tiesto) lakukan

Dan tidak lupa, seperti mendiang Steve Jobs katakan, bahwa Creativity adalah Connecting Things, tidak heran saya selalu mencatat ide ide saya di Asana.com, mungkin saat ini menjadi ide mentah, namun suatu saat bisa connecting dengan ide baru saya lainnya,

Tidak heran juga Google melakukan venture capital ke 5000-an start-up, dan paling yang menjadi besar tidak lebih dari 1-5 start-up. Apakah Google membuang uang dengan menjaring ide ide kreatif orang orang di dunia dan yang jadi tidak lebih dari 10?

saya kira tidak, Google akan menyimpannya, dan suatu saat sebuah ide yang lama, bisa hidup dengan jauh lebih menarik ketika bertemu atau sinthesis dengan ide baru.

nggak percaya? dengarkan saja di Souncloud Tiesto’s Club Life’s Podcast 398, di-awali dari Lethal Industry yang diremix ulang oleh DJ Tiesto dengan sangat kreative dan apik

—–
wawan@baliooo.com
Creativity, the real power to change the world

Leave a comment