Perkembangan Sekuriti Data

Perkembangan Sekuriti Data
Catatan Wawan Setiawan

preface:
tulisan ini crowd data yang akan masih saya olah lagi, dari mempelajari trend perkembangan sekuriti data, tulisan ini juga saya tulis di perjalanan kereta dari solo ke bandung, perjalanan kereta bagi saya saat ini cukup menyenangkan, karena dengan perangkat audio yg bagus, headset berkualitas, soundcloud, serta akses internet, sambil mendengarkan music saya masih bisa produktif untuk melakukan sesuatu

tulisan ini juga akan saya jadikan tema teknovasi Sboteve atau siaran di radio Bandung mendatang, untuk promote Baliooo Indomaya, yang bisnis utamanya adalah IT terutama Internet Service, yang bulan depan semoga sudah beroperasi lancar di kota kota besar di pulau Jawa

Akhir akhir ini, Edward Snowden yang saat ini tinggal di Russia dan kemungkinan besar sudah direkrut oleh FSB Russia, membocorkan bahwa pemerintah Amerika melalui NSA menyadap semua komunikasi data di Internet. Operasi ini disebut sebagai PRISM. Operasi PRISM tidak hanya melakukan penyadapan terhadap lalu lintas Internet yang dikuasai oleh Amerika, tapi juga NSA punya wewenang untuk masuk ke database giant Silicon Valley, seperti Facebook, Google, Apple, dlsb.

Snowden juga membocorkan bahwa pemerintah Amerika pernah menyadap telephone Angela Merkel, kanselir Jerman, dan mantan Presiden Dmitry Medvedev ketika di London. Snowden juga mengatakan bahwa pemerintah Amerika juga menyadap pejabat pejabat Indonesia.

Untuk Indonesia, seperti kita tahu, nggak akan berani melawan Amerika, sedangkan Merkel menelpon Presiden Obama untuk masalah ini. Russia sendiri tidak akan protes ke Presiden Obama, karena itu juga sebenarnya sama gobloknya dan bukan solusi.

DUMA, atau parlemen Russia, dari seorang wakil rakyat yang berasal dari United Party Russia, atau Partainya Presiden Putin, mengusulkan membuat mobilephobe yang diperlengkapi enkripsi data, dan ini dikerjakan oleh BUMN RusElectronics.

Namun di pasaran, perusahaan swasta yang menjual software enkripsi data juga sudah banyak. Cara kerja enkripsi data ini adalah mengenkripsi seluruh data yang ada di mobile phone anda, sehingga ketika anda saling mengirim data, bisa berupa email, messenger, voice, video, maka data yang terkirim telah dienkrip/diacak, dan baru dibuka atau dekrip ketika sampai di mobilephone yang anda tuju. Teknologi enkripsi data ini juga mengamankan data anda ketika mobilephone anda hilang, atau data di mobilephone anda dicuri, mereka tidak akan bisa membuka data di mobile phone anda karena semua data telah diacak. Jadi teknologi enkripsi ini bekerja dalam dua mode, yaitu mengenkripsi/mengacak data yang ada di mobilephone atau komputer/tablet anda, dan juga ketika melakukan komunikasi data.

Komunikasi voice atau pembicaraan, saat ini sudah banyak berbasis IP, misal Iphone sudah menyediakan komunikasi voice over ip atau voip yang disebut dengan Facetime, atau imessage, sebuah layanan messaging yang bukan berbasis sms yang diselenggerakan oleh operator GSM, tapi lebih ke messaging berbasis data yang diselenggarakan oleh Apple

Dengan teknologi enkripsi, maka kita tetap bisa menggunakan email Google, Yahoo, maupun messenger whatsapp, namun data kita ketika melintas ke lalu lintas internet, maka data kita diacak, dan baru bisa dibaca oleh penerima yang membuka kode acak. Pengirim data acak sebelumnya memasukan semacam kode acak untuk mengacak data yang akan dikirim, dan penerima untuk membuka kode acak harus memasukan kode yang sama. Dengan teknologi enkripsi, email email kita di Google atau Yahoo, juga akan terbaca dalam keadaan teracak, dan baru bisa terbaca normal ketika kita membuka kode acaknya. Dengan model begini, NSA meski punya kewenangan mengakses ke database Google, Yahoo, namun mereka akan mendapatkan data yang telah teracak di database Google maupun Yahoo.

Yotaphone, mobilephone produksi BUMN Russia melaju selangkah dalam inovasi keamanan data, khas negara Russia yang secara ideologis anti Amerika, yaitu membuat chip enkripsi untuk menopang software enkripsi yang akan digunakan untuk Yotaphone. Pemerintah Russia sendiri melalui DUMA telah membuat UU melarang pejabat tinggi Russia menggunakan produk teknologi dari Amerika, termasuk pemakaian Gmail, Yahoo Mail, dan untuk kasus ini ancaman pidananya 20 tahun penjara,

***
Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia yang korupsinya terkenal akut, telah membentuk KPK, Komisi Pemberantasan Korupsi, yang diperlengkapi dengan teknologi penyadapan yang terhubung ke semua operator komunikasi voice. Antashari Ashar mantan ketua KPK yang dipenjara, dulu terkenal sering ke ruang penyadapan data, namun tidak dia sadari, mobilephone-nya sendiri juga terkena sadap oleh KPK

Saya tidak mau membahas lebih lanjut sisi politis mengapa mobilephone Antashari Ashar, boss tukang sadap bisa kena sadap oleh anak buahnya sendiri.

Teknologi komunikasi, baik voice, saat ini banyak disediakan, misal saya bisa menggunakan Facetime milik Iphone, Skype, Facebook messenger, dan layanan voip lainnya, Pada dasarnya layanan voip adalah layanan data, atau voice over data, dan dengan menggunakan data atau ip based maka bisa lebih efisien,

Sebagai perbandingan, layanan voice secara normal memakan bandwidth 64k per channel, sedangkan dengan voice over data/ip dan compresi G723 bisa hanya 12K per channel, saya ketika berbisnis voip di tahun 2003-2005 mampu mereduksi sampai ke 3-5K per channel dengan sistem packet saver, yaitu payload header compression, dan header compression dikirim dan digunakan oleh paket paket data secara paralel atau bersamaan. Selain itu juga mengaktifkan Silence Suppression, ketika tidak ada suara, maka juga tidak ada data yang terkirim. Teknik lainnya, merenggangkan pengiriman data.

Dengan semakin bergesernya komunikasi voice yang melalui operator GSM atau CDMA, diganti dengan komunikasi berbasis voice over data/ip, maka teknologi enkripsi akan sangat mudah,

Selain itu, perkembangan IT, sedang ke arah WifiEverywhere, dan mesh Wifi. Seperti Apple, dengan feature Facetime, ketika jarak kita jauh, maka komunikasi Facetime bisa menggunakan Internet, namun ketika jarak antar penelpon dan yang ditelpon mendekat dan terjangkau oleh Wifi, secara otomatis koneksi komunikasi data menjadi peer to peer tanpa Internet. Teknologi ini, mengingatkan saya ketika masih menggunakan Nokia 6600 berbasis Symbian, dengan Bluetooth saya bisa mengidentifikasi teman teman yang berada di sekitar saya, dan kemudian melakukan komunikasi peer to peer.

Perkembangan teknologi seperti Facetime yang bisa merubah mode komunikasi dari Internet ke peer to peer, bisa saya ilustrasikan sebagai berikut.

Anda janjian ketemu dengan seorang teman di Jakarta, dan anda berkomunikasi data, Ketika jarak masih diatas 1 KM, maka komunikasi akan melalui Internet, entah dengan melalui wifi atau radio packet (3G/4G/5G dst)

Namun ketika jarak anda sudah dekat dan sekitar 100 meter dan terjangkau wifi, maka komunikasi akan switching menjadi peer to peer,

Yang lebih inovative lagi adalah, pengembangan komunikasi peer to peer yang dibroadcast/Mesh topologi antar pengguna.

ilustrasinya sebagai berikut

A berada 100 meter dengan B, dan B berada 100 meter dengan C
A terkoneksi wifi dengan B, dan B bisa terkoneksi wifi dengan C

A bisa mengadakan komunikasi data dengan C, melalui B, karena A dan C tidak bisa direct connection karena keterbatasan jarak pancar wifi.

Dengan kemajuan teknologi seperi ini, baik trend komunikasi data dengan mode enkrip/acak, serta komunikasi data peer to peer, maka alat penyadapan KPK yang entah berapa biaya pengadaannya, menjadi semakin tidak efektif.

Dan ini menjadi KABAR GEMBIRA bagi para pejabat di Indonesia, baik legislatif, eksekutif, maupun Yudikatif.

Bila anda seorang pejabat Indonesia, ingin menggunakan teknologi anti sadap, bisa menghubungi saya sebagai konsultan sekuriti. Saya hanya akan melayani pejabat yang berbakat untuk korupsi, saya menetapkan harga konsultasi sebesar 10% royalti dari hasil korupsi.

Korupsilah dengan cerdas dan sophisticated, semoga Tuhan memberkati,

—–
wawan@baliooo.com
Creativity, the real power to change the world…

Kereta Lodaya Solo-Bandung, 19 Januari 2015, 06.41 WIB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s