Teknovasi dan Richard Feynman

Teknovasi dan Richard Feynman
Bagaimana dari jarak jauh seorang ayah berkisah tentang sains thd anaknya
Catatan Wawan Setiawan

Saya merintis teknovasi, sudah sejak sekitar tahun 2012, dan ini akan saya jadikan dokumentary terhadap anak saya yang sekolah di Russia, karena saya tidak bisa membacakan buku, atau mendongeng secara langsung, maka saya menggunakan acara Live Teknovasi teknologi dan inovasi SBOteve untuk berkisah tentang sains thd anak saya. Saya bukan saintis, tapi sadar betul arti pentingnya sains buat anak anak masa depan.
2 Minggu lagi, saya akan mengulas sosok Richard Feynman, dengan tema “Richard Feynman, NanoTechnology dan kuantum komputasi”

Saya sengaja memilih topik ini, sebagai hadiah belajar anak saya di Russia yang mendapat point maximum terutama di bidang math, ciri khas pendidikan Russia, yang menguatkan core pendidikan math dibanding bidang lainnya. Gagal di math artinya gagal di logic. Bagaimanapun meski kualitas pendidikannya sedang menurun, tapi menurut data OECD, Russia masih menempati ranking teratas di tahun 2012.

Feynman juga keturunan Russia, yang hijrah ke Amerika, dan banyak terlibat proyek penting disana, misal Manhattan Bom Atom bersama Oppenheimer, dan juga menyelidiki faktor meledaknya pesawat ulang alik Challenger tahun 1986

Feynman juga merupakan bapak nanotechnology, setelah dia riset tentang atom, dia melakukan challenge dalam kuliahnya di Caltech, “seberapa kecil anda bisa membuat mesin elektronik komputasi?”
Dari kuliah ini muncullah gagasan nanotechnology, dan sekarang benda benda smart semakin kecil bentuknya.

Ini semua diawali dari sebuah gagasan di perkuliahan terbuka, sambil mengenakan celana pendek, Doktor Richard Feynman, genius fisikawan setelah era Albert Einstein, melontarkan gagasan di open lecture-nya,…. “Seberapa kecil anda bisa membuat mesin elektronik?”

nantikan di SBOteve, selasa 26 Mei 2015, prime time jam 20.00-21.00 “Richard Feynman, Nanotechnology, dan kuantum komputasi”
—–
Selasa, 12 Mei 2012, 08.28 WIB
wawan@baliooo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s