“Richard Feynman, Nano Technology and Quantum Computing”

Teknovasi, Teknologi dan Inovasi
Selasa prime time jam 20.00-21.00
SBOteve 26 Mei 2015 Graha Pena lantai 21 Jawa Pos Surabaya

“Richard Feynman, Nano Technology and Quantum Computing”

q: Siapa Dr. Richard Feynman?
a. Dr. Richard Feynman adalah keturunan Russia yang dibesarkan di Amerika (eropa mengalami brain drain/perginya orang orang cerdas ke Amerika ketika awal dan pecah PD2), dosen di Caltech, bapak quantum mechanic, bapak nanotechnology. dan salah satu pakar yang dimintai tolong oleh NASA untuk memecahkan misteri meledaknya pesawat ulang alik Challenger

Dr. Richard Feynman adalah salah satu inspirator besar boss Apple, Steve Jobs, sampai sampai Steve Jobs memasang posternya yang legendaris ketika mengajar di Caltech, di kantor Apple. Ini karena Dr Richard Feynman menyatakan bahwa dirinya adalah ilmuwan unconventional thinking, atau menggunakan kreativitasnya untuk memecahkan banyak masalah dalam quantum mechanic atau bidang engineering.

Feynman juga pernah ketemu dengan Prof. Hawking, namun Hawking yang menginginkan pertemuan itu, ketika Hawking ke Amerika dirinya mengaku hanya ingin bertemu dengan Dr. Richard Feynman.

a. Apa yang dimaksud dengan teknologi nano?
b. Dulu mekanika elektronik menggunakan tabung transistor, yang besar, dan setelah era quantum mechanic atau tepatnya atomic, Dr. Richard Feynman dalam open lecture, sambil bercelana pendek memberikan ide, “bagaimana atom atom ini kalau kita engineering?”

dalam perkembangannya saat ini, teknologi smart semakin kecil, dan berbasis silicon, hasil dari ide Dr. Richard Feynman, merekayasa atom untuk digunakan sebagai teknologi smart sampai AI.

a. apa yang dimaksud dengan teknologi quantum komputing?
b. quantum komputing menggunakan konsep Erwin Schrodinger, yaitu superposition, melakukan paralel computing binari 0 dan 1 secara bersamaan. Secara math terlihat mudah, namun realisasinya menggunakan material cukup sulit, D-Wave, Google, dan Baidu sudah mencoba versi masing masing material untuk digunakan sebagai quantum computing, baik melalui silicon atau optic

Kuliah Dr. Richard Feynman ttg Tiny Machines

Dr. Richard Feynman menjelaskan penyebab meledaknya pesawat ulang alik Challenger 1986

Dr. Richard Feynman memberikan kuliah bagaimana alam semesta bekerja versi quantum mechanic (quantum mechanic view)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s