Bangsa keranjingan gelar

Bangsa keranjingan gelar
Catatan Wawan Setiawan

Akhir akhir ini kita dihebohkan oleh adanya berita ijazah palsu. Sebenarnya hal ini tidak mengagetkan saya, karena bangsa kita memang bangsa keranjingan gelar, Baik dari gelar kebangsawanan yang juga diperjualbelikan, gelar pendidikan, sampai gelar kesuksesan.

Sekitar 2-3 bulan lalu saya ditelpon EO dari Jakarta, saya diberitahu bahwa saya memenangkan “Entrepreneur Award”, saya dimintai uang sekian juta, lalu saya akan diberikan award di hotel Novotel dan diliput media massa. Saya menanggapinya dingin dingin saja, karena sejak mahasiswa saya memenangkan lomba karya tulis ilmiah 2x berturut turut di semester 2 dan 4 kuliah teknik informatika memang hasil dari kerja keras.

Kadang kadang kalau saya membaca surat kabar, tentang motivasi pengusaha sukses, ada senangnya, dan ada gelinya. Karena bisa jadi kasusnya seperti saya, ditawari award sebagai “entreprenuer sukses” dan diulas di media tapi bayar.

Keuntungannya kita bisa pamer sebagai orang sukses, dan memperlebar jaringan. Bisa juga dikagumi oleh pembaca dan orang lain. Tapi saya tidak menyukai hal hal imitasi seperti itu.

Pengusaha teknopreneur Amerika saya pikir nggak ada yang memenangkan award award-an. Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckerberg dikenal karena karya-nya, bukan karena award-nya.

Untuk itulah lebih baik berkarya terus menerus daripada memikirkan segala tetek bengek gelar, baik kebangsawanan, gelar kependidikan, ataupun semacam award entrepreneur. Tapi saya maklum, bangsa kita memang masih terbelakang dan feodal, jadi tidak heran kalau menjadi bangsa haus gelar dan award


Surabaya, Rabu 27 May 2015, 08.51
wawan@baliooo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s