Tua dan Pikun

Tua dan Pikun
Catatan Teknovasi 26 May 2015 Wawan Setiawan

Di acara Teknovasi studio SBOteve Grahapena lantai 21 Jawa Pos Surabaya kemarenf, saya pikir ada beberapa poin menarik yang saya catat

1. Saya senang dengan ide teknik dan produser acara, bahwa background talkshow kami sering di-isi oleh iklan kami, http://www.indomaya.net.id, yang isinya Albert Einstein dengan tulisan “Imagination is more important than knowledge”, Richard Feynman dengan tulisan “The true secret to genius is in creativity” dan ditutup dengan Steve Jobs “Think Different”

Padahal di studio latar belakang kami hanya kain warna hijau, tapi karena
kecanggihan teknik digital dari teknikal studio, pemirsa teve akan melihat background kami sering diisi iklan yang ada pesan Albert Einsten, Richard Feynman, dan Steve Jobs.

Saya sendiri memang memilih membuat iklan yang tidak mau secara direct menjual atau menawarkan produk, saya memilih iklan soft ala rokok Sampurna yang menginspirasi, dengan durasi sependek mungkin tapi pesannya mengena.

2. Ada pertanyaan menarik dari pembawa acara, ketika saya menjelaskan bahwa di tahun 1986 Richard Feynman mampu memecahkan masalah penyebab meledaknya pasawat ulang alik Challenger. Pembawa acara menanyakan apakah berarti Richard Feynman masih hidup?

Feynman meninggal tahun 1988, tepat 2 tahun setelah memecahkan misteri penyebab meledaknya pesawat ulang alik Challenger. Dari sini saya merenung,
Feynman lahir tahun 1918 dan meninggal tahun 1988 atau berumur hampir 70 tahun, ketika memecahkan misteri penyebab meledaknya pasawat ulang alik Challenger, Feynman berumur 68 tahun, usia yang bagi kebanyakan manusia adalah usia yang cukup pikun dan menurunnya kemampuan berpikir.

Tapi mungkin inilah kelebihan akademisi kreative, meski berusia 68 tahun, usia yang secara hukum alam biologis sudah menurun kemampuan fungsi tubuh, Richard P Feynman masih mampu memecahkan misteri penyebab meledaknya Challenger.

Saya pikir dalam masalah hukum alam biologis, ini semua tergantung dari diri kita sendiri, sering melatih kemampuan tubuh untuk memperlambat fungsi penurunan biologis tubuh atau membiarkannya menurun secara cepat dan drastis.

—–
Solo, Kamis 28 May 2015, 06.05 WIB
wawan@baliooo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s