DNA Analisis dan implementasi di bidang olahraga

DNA Analisis dan implementasi di bidang olahraga
Oleh Wawan Setiawan

—–

Kemajuan sains dan teknologi abad 21 ini memang tak pelak, kemajuan signifikannya dan yang paling revolusioner adalah di bidang teknologi biologi dan material fisika. Ditemukannya material carbon nanotube, tak pelak bisa membuat AI lebih mempunyai kemampuan menyamai manusia, karena AI saat ini masih berbasis silicon. Di sisi lain teknologi untuk mengetahui dna kita juga mempunyai impact yang tidak sedikit. Di bidang olahraga, saat ini atlit bisa dibina dan dikembangkan berdasarkan potensial biologis dari membaca dna sang atlit. Teknologi ini baru saja dikembangkan di Inggris, mengembangkan potensial atlit berbasis dna yang dimiliki,

Dengan teknologi ini, sang atlit bisa berkonsentrasi dengan keunggulan dna dan kelemahan dna yang dipunyai atau bahkan bisa edit dna, untuk mencapai tujuan tertentu. Hal ini memang salah satu implementasi dari genome sequencing yang saat ini harganya sudah sangat murah, sekitar usd 1000. Genome sequencing adalah teknologi untuk mengetahui dna kita, baik keunggulan dan kelemahannya serta penyakit degeneratif yang dibawanya. Dengan mengetahui lebih awal maka kita bisa bertindak preventif atas kesehatan kita, dan juga dimungkinkan untuk diedit.

Implementasi dna sequencing di bidang olahraga ini saya kira implementasi real yang sangat signifikan kedua setelah teknologi rekayasa genetika untuk mengatur jenis kelamin bayi kita sudah mencapai tahap 99%, atau saat ini kita bisa mengatur jenis kelamin bayi kita dengan akurasi 99% dengan teknologi rekayasa genetika.

Pertanyaan kritis yang pantas diajukan adalah dengan spirit olahraga yang mengandalkan kemampuan natural, termasuk mengharamkan doping, apakah rekayasa dna di bidang olahraga ini tidak termasuk jenis doping, karena kemampuan kita dibangun oleh perubahan dna yang sudah tidak natural lagi. Dengan adanya kemajuan teknologi yang pesat, memang kita harus meredefinisi banyak hal, termasuk dengan adanya kasus rekayasa genetika untuk kepentingan olahraga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s