Misteri jatuhnya trio dunia, JF Kennedy, Khrushchev, dan Bung Karno

Misteri jatuhnya trio dunia, JF Kennedy, Khrushchev, dan Bung Karno
Oleh Wawan Setiawan

——

Tahun 1960-an memang tahun tahun romantic bagi Indonesia, di tahun inilah Bung Karno melawat ke Amerika Serikat (1961) dan ke Moscow USSR. Bung Karno dikenal secara baik oleh Presiden Amerika Serikat ketika itu John F Kennedy, dan PM USSR Nikita Khrushchev. Hubungan Indonesia Amerika dan Indonesia USSR sedang mesra mesranya. Sayang pada 22 November 1963 JF. Kennedy tewas tertembak, dan kemudian disusul jatuhnya Nikita Khrushchev pada tahun 1964 yang berani melakukan reformasi birokrasi anti Stalinis. Khrushchev pula yang memerintahkan jasad Stalin di Mausoleum dibongkar dan dikubur.

Tak pelak, Presiden Soekarno sudah tidak punya kawan akrab lagi, dan sialnya di Amerika, pengganti JF. Kennedy, Lyndon Johnson tak ramah kepada Bung Karno, bahkan terkesan memusuhi-nya. Semua kebijakan Kennedy kepada Bung Karno seolah dijungkir balikan 180 derajad oleh Lyndon Johnson. JF. Kennedy juga diduga kuat dibunuh karena krisis Kuba, dimana Amerika Serikat akan menyerbu Kuba yang Komunis, namun gagal

Dalam versi lain, disebutkan jika JF. Kennedy masih hidup, maka tidak akan ada PT. Freeport yang beroperasi di Indonesia, tapi ini adalah salah satu theori konspirasi yang berkembang atas meninggalnya JF. Kennedy.

Bung Karno sendiri jatuh pada tahun 1966, ketika keluar SUPERSEMAR, nyaris Bung Karno adalah Presiden lumpuh, karena kewenangan keamanan dan kekuasaan dibawah Jenderal Soeharto.

Apakah jatuhnya trio tokoh dunia ini disengaja atau konspirasi pihak tertentu atau memang mereka jatuh sendiri secara berurutan, saya tidak tahu, dan analisa terhadap jatuhnya 3 tokoh ini banyak sekali membawa theory konspirasi. Silakan masing masing mempercayai theory yang berkembang baik atas neninggalnya John F Kennedy, dipecatnya Nikita Khrushchev, dan Ir. Soekarno.

Advertisements

One thought on “Misteri jatuhnya trio dunia, JF Kennedy, Khrushchev, dan Bung Karno

  1. budi

    Yang jelas Soekarno memanfaatkan persahabatannya dengan Kruschev Soviet dan Kennedy USA untuk merebut emas Papua tahun 1962. TNI dilatih di USA, senjata militer diberikan secara gratis oleh Soviet. Ini yang membuat CIA dan KGB tidak suka terhadap Soekarno. Bagaimana bisa seorang Presiden dari negara yang baru merdeka bisa mengatur dua negara adidaya dari dua kutub (kapitalis vs komunis) yang berbeda? Bisa saja karena Kennedy sebagai kader Partai Demokrat memang kekiri-kirian, klop dengan Soekarno yang kekiri-kirian, apalagi Kruschev yang jelas 100% kiri.
    CIA membunuh Kennedy, KGB melengserkan Kruschev. Soekarno melihat petaka yang menimpa Kennedy dan Kruschev lalu secara lisan menunjuk Ahmad Yani sebagai penerus beliau di hadapan semua petinggi militer. CIA via Soeharto menghabisi Ahmad Yani dan mengkambinghitamkan PKI sebagai pelakunya serta merebut emas Papua. Soekarno tak berdaya melawan makar Soeharto yang didukung USA karena Soviet tak mau lagi membantu. Itulah kisah sedih trio sahabat Kennedy (1963), Kruschev (1964), Soekarno (1965). Kalau dibikin film misteri/perang/action pasti heboh dunia ini karena menyangkut sejarah penting tiga negara sekaligus.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s