Mengapa di tahun 1965, Uni Soviet tidak mendukung namun bahkan Amerika mendukung operasi CIA

Mengapa di tahun 1965, Uni Soviet dan bahkan Amerika mendukung operasi CIA
catatan wawan setiawan
———

Persahabatan Soekarno dengan Amerika dan Uni Soviet, tak lepas dari adanya figur John F Kennedy di Amerika, dan Nikita Khrushchev di Uni Soviet. Indonesia sendiri, didalam pembukaan UUD 45, memilih menjadi negara yang bebas aktif, tidak condong ke salah satunya, baik pihak barat ataupun blok timur. Politik bebas aktif ini direalisasikan dengan adanya konferens Asia Afrika di Bandung, yang menginspiras negara negara untuk merdeka dari kolonialisme, karena awal abad 19, terjadi euphoria Marxisme Leninisme yang juga anti kolonialisme, dan juga maraknya politik etis dari pemerintah Kolonal.

Hubungan Soekarno dengan Nikita Khrushchev sendiri pernah sangat baik, selain Soekarno pernah ke Uni Soviet, Nikita Khrushschev juga pernah mengunjungi Soekarno di Indonesia dan juga tahun 1963, Uni Soviet mengirimkan persenjataan tempur terbaik se-asia bagi Indonesia yg akan digunakan oleh operasi Trikora untuk merebut Irian Bara.

Namun semua serasa hancur berantakan setelah John. F Kennedy, Presiden Amerika yg juga sahabat Presiden Soekarno tertembak mati di tahun 1963, dan penggantinya, Lyndon B Johnson lebih cenderung tidak menyukai Soekarno, sehingga perundingan Freeport menjadi buntu. Di tahun 1964, Nikita Khrushchev juga telah mundur dari PM Uni Soviet, sehingga praktis tidak ada kawan baik Soekarno lagi di Uni Soviet tahun 1965. Di tahun 1965 ini juga terjadi pertumpahan darah, karena PKI dan simpatisannya dibunuh oleh Angkatan Darat, dan Soekarno sebagai Presiden sendiri meski masih didukung oleh TNI AL, TNI AU, dan sebagian besar TN AD, justru memilih diam dan tidak berusaha mencegah genocide ini. Saya pikir kita tidak bisa menggantungkan diri ke Russia seperti halnya perang Vietnam yg didukung oleh Uni Soviet, karena Presidennya sendiri juga tidak mengambil sikap tegas melarang Angkatan Darat untuk melakukan pembantaian ke pada PKI dan simpatisannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s